Kabar

RAPAT KOORDINASI LANJUTAN PERSIAPAN PENETAPAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN BULAN JUNI 2020 KABUPATEN JAYAPURA

Badan Pengawas Pemilu – Pada hari Selasa, 7 Juni 2020 telah dilakukan rapat koordinasi antara KPU dan Bawaslu Kab. Jayapura terkait penetapan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) bulan Juni 2020. Rapat yang dilaksanakan di sekretariat Bawaslu Kabupaten Jayapura dihadiri oleh salah satu Anggota KPU Kab. Jayapura, seorang Kasubbag Teknis dan satu orang staf operator data KPU, juga dihadiri oleh Ketua dan dua Anggota Bawaslu Kabupaten Jayapura dan 5 orang staf. Rapat dimulai pukul 11.00 WIT dan selesai pukul 12.20 WIT.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kab. Jayapura, Zacharias S. Y. Rumbewas mengatakan bahwa, rapat koordinasi ini perlu dilakukan agar dapat melakukan pembenahan-pembenahan menjelang pleno penetapan. Sementara itu Anggota Bawaslu, Seprianti E. Pandi pun menegaskan bahwa KPU harus melakukan keterbukaan data agar pihak-pihak terkait juga dapat mengawasi. Lanjutnya, data yang diberikan oleh KPU akan di cross check oleh Bawaslu.

Pada saat pemaparan data oleh KPU didapatkan bahwa masih ada data yang invalid, seperti adanya nama tetapi tidak ada alamat, ada juga nama, alamat tetapi tidak ada tanggal lahirnya. Hal ini dijelaskan oleh KPU bahwa ini data yang mereka terima dari Dukcapil.

Melihat banyak data yang tidak valid, Anggota Bawaslu Nasarudin menyarankan agar adanya pertemuan antara KPU, DUKCAPIL, BAWASLU dan pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan DPT yang tidak valid ini juga terkait orang yang sudah meninggal tetapi masih terdaftar dalam DPT, sehingga kedepannya tidak menjadi masalah.

Maksud dari rapat koordinasi ini agar antara KPU dan Bawaslu dapat menyatukan persepsi sehingga segala persiapan pleno DPB dapat berjalan dengan baik, demikian tutur Jhon Saman, Kasubbag KPU.