17 views
Kabar

PLENO PEMUTHAKIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN BAWASLU KABUPATEN JAYAPURA BERSAMA KPU, PARPOL DAN DUKCAPIL

Sentani-Pemutakhiran data pemilih berjenjang Kabupaten Jayapura Tahun 2020 terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Jayapura bersama sejumlah lembaga terkait. Bawasla sebagai lembaga pengawas pemilu juga turut dalam kegiatan tersebut. Rapat Pleno yang dilakukan pada Rabu 29 Mei 2020 dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom, hal tersebut dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan dalam mencegah penularan covid-19.

Peserta rapat diharidi oleh, Ketua, Anggota Sekretaris dan Staf Kabupaten Jayapura, Anggota dan Staf Bawaslu Kabupaten Jayapura, Perwakilan Dukcapil Kabupaten Jayapura, Perwakilan partai polilik yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Rapat dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Jayapura Pukul 09.30 WIT  dengan diawali dengan Doa, rapat pleno berlangsung selama 3 jam dengan dibacakan data pemilih oleh KPU dan mendapat tanggapan juga pertanyaan dari lembaga yang hadir dalam rapat tersebut. Dengan beberapa masukan dan tanggapan dari beberapa perwakilan yang hadir pukul 11.37 WIT Ketua KPU mengetuk palu dan disahkan data pemilih berkelanjutan pada bulan Mei.

Pada rapat tersebut Anggota Bawaslu Seprianti mempertanyakan 7 Distrik yang tidak memiliki perubahan data pemilih, lanjut beliau memberikan masukan kepada KPU agar lebih aktif dalam mendata pemilih, menurut beliau proses tahapan pemutakhiran data pemilih adalah yang paling penting sehingga pada saat pemilu tidak terjadi kesalahan pada data pemilih sehingga pemilu dapat berjalan lancar dan aman. “jadi tidak ada lagi orang meninggal masih terdaftar di DPT, pemilih ganda dan sebagainya hal ini dapat menimbulkan kecurangan pada saat pemilu nanti”  jelasnya.

Pada rata tersebut juga Anggota Bawaslu Nasarudin mengatakan bahwa, KPU Kabupaten Jayapura dalam melakukan pendataan harus betul-betul turun langsung ke masyarakat sehingga data yang didapatkan adalah benar-benar data dari lapangan, lanjutnya KPU harus memiliki formula yang tepat untuk melakukan pendataan mengingat ada beberapa distrik yang letak geografisnya susah untuk dijangkau, menurut beliau jika tidak serius maka rapt pleno seperti ini hanya sebagai formalitas saja dan tidak ada perubahan data yang signifikan

Terakhir, Anggota Bawaslu Seprianti mengajak lembaga terkait serta seluruh elemen masyarakat memdukung KPU Kabupaten Jayapura dalam melakukan pemutakhiran data pemilih tahun 2020 di Kabupaten Jayapura agar dapat berjalan dengan baik.

Berikut Pemutakhiran Data Pemilih Bulan Apil 2020 :

Total : 19 Distrik; 144 Kampung; Laki-laki=67108;Perempuan=59345; P+L= 126453