151 views
HumasKabar

Kunjungi Radio Kenambai Umbay, Bawaslu Siap Mengudara

Foto Bersama Bawaslu dan Diskominfo Kab Jpr

Sentani, Badan Pengawas Pemilu РTidak masuknya RUU Pemilu dalam Prolegnas 2021 serta merta memastikan bahwa Pemilihan Serentak akan dilaksanakan 2024 mendatang. Sehingga dalam kerja mengedukasikan masyarakat untuk sadar Pemilu, Bawaslu Kabupaten Jayapura berkolaborasi bersama Radio Kenambai Umbai akan mengudara di Kabupaten Jayapura.  Hal ini dimulai dari audience Koordinator Divisi HPP, Nasarudin Sili Luli yang didampingi para staf Bawaslu Kabupaten Jayapura ke kantor RSPK Kenambai Umbai di Gunung Merah, Sentani hari ini, Senin (15/03/2021).

Disambut hangat oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo, Gustaf Griapon, ST bersama Kepala Seksi Informasi Komunikasi Publik, Jini Wati, pembicaraan untuk mengudarakan Bawaslu dilakukan di kantor Radio Kenambai Umbai secara langsung. Pembahasan dimulai dengan penyampaian niat berkolaborasi bersama, kemudian teknis-teknis penyelenggaraan publikasi informasi kepada masyarakat oleh Kominfo khususnya Radio Kenambai Umbai yang telah menjangkau hingga ke Distrik terluar dari Sentani, juga Kabupaten lain yakni hingga ke Kabupaten Keerom, yang kemudian bisa digunakan juga oleh Bawaslu.

Nasarudin selaku komisioner Bawaslu Kabupaten Jayapura saat diwawancarai menyampaikan tujuan dari kegiatan audience ini adalah untuk mengumandangkan pendidikan politik agar masyarakat sadar.

Kordiv HPP Bawaslu Kab jpr Nasarudin Sili Luli.

“Jadi tahapan dan pelaksanaan pemilu tidak berjalan, namun proses pendidikan politik, demokrasi harus dikumandangkan dan digaungkan agar masyarakat semakin sadar bahwa ternyata berdemokrasi itu harus memahami etika, moral, hukum juga terkait dengan regulasinya yang memayunginya. Tanpa itu, masyarakat tidak akan matang dalam berdemokrasi ,sehingga demokrasi yang kita telah pilih ini tidak dikooptasi dengan demokrasi prosedural “, jelas Nasarudin.

Salah satu komisioner Bawaslu Kabupaten Jayapura ini pun menyatakan bahwa program Sadar Hukum Berdemokrasi (SHB) akan menghadirkan tokoh-tokoh publik dan pegiat demokrasi dalam kegiatan edukasi ini.

Di sisi lain, Gustaf pun menyampaikan harapannya terhadap kunjungan Bawaslu yang nantinya akan berkolaborasi bersama Radio Kenambai Umbai di sela-sela berakhirnya kunjungan dan pembahasan tersebut.

Plt Kadis Diskomifo Kab Jpr Gustaf Griapon
Plt Kadis Diskomifo Kab Jayapura Gustaf Griapon.

“Semakin banyak kita melakukan edukasi yang kita buat, semakin banyak orang baik pula kita hasilkan. Kita berharap dari semua kegiatan yang kita lakukan itu menghasilkan orang baik yang berdemokrasi tanpa biaya, demokrasi yang timbul dari diri sendiri”, tutur Gustaf saat diwawancarai oleh staf Bawaslu Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut, dia pun menegaskan bahwa tanggungjawab memilih orang yang baik untuk memajukan daerah dimana kita tinggal adalah tanggungjawab kita.

“Penyelenggara pemilu dan konsisten politik, tidak harus harga diri kita dibayar. Tetapi timbul karena kita terlibat sebagai peserta pemilu. Adalah tanggungjawab kita memilih orang-orang baik memajukan daerah dimana kita tinggal”, tegas Gustaf menutup harapannya. (MKH)