184 views
Kabar

Gass Pol, Bawaslu Datangi Kesbangpol

kunjungan Bawaslu ke Kesbangpol

Sentani, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Langkah awal untuk menjalankan agenda mencerdaskan masyarakat tentang berdemokrasi telah diambil Bawaslu dengan mengunjungi Radio Kenambai Umbai minggu kemarin. Langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi pihak-pihak terkait, salah satunya adalah Kesbangpol Kabupaten Jayapura yang dilaksanakan hari ini, Senin (23/03/2021).

Dipimpin oleh Nasarudin Sili Luli, Koordiv. HPP dan didampingi 6 (enam) orang staf, Bawaslu mendatangi kantor Kesbangpol Kabupaten Jayapura. Bertempat di ruangan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Drs. Sefried Depondoiye selaku Kepala bersama Sekretaris Dra. Delila Giay, M.Si dan para staf menerima kehadiran Bawaslu yang beberapa hari sebelumnya telah melakukan koordinasi atas kedatangan hari ini.

Nasarudin Sili Luli Kordiv HPP Bawaslu Kab. Jayapura

Tidak berbasa-basi, Nasarudin langsung menyampaikan maksud kedatangannya bersama staf yang tak lain adalah ingin menggandeng Kesbangpol dalam kegiatan Bawaslu On Air dalam program Sadar Hukum Berdemokrasi (SHB) Maksud yang kedua adalah apabila terdapat program Kesbangpol yang memungkinkan beririsan dengan program Bawaslu dan kehadiran Bawaslu di dalamnya,  Bawaslu sangat membuka diri dan al out untuk berkolaborasi bersama Kesbangpol. Hal ini disampaikan Nasarudin karena mengingat bahwa tahapan pemilihan tidak jadi dilaksanakan tahun ini. Sehingga Bawaslu akan melakukan banyak kegiatan secara dini untuk menekan persoalan-persoalan dan potensi kerawanan pemilu yang mungkin akan terjadi pada Pemilihan nantinya. Apalagi mengingat Pemilihan Bupati di Kabupaten Jayapura tahun 2017 mencatat adanya Pemungutan Suara Ulang berkali-berkali tentu ini akan menjadi evaluasi kedepannya.

“Jadi pada prinsipnya maksud kedatangan kami adalah menyangkut dua hal tersebut. Kita tahu bahwa RUU Pemilu tidak jadi dibahas makanya 1-2 tahun ini Bawaslu tidak sibuk dengan tahapan sehingga kami akan lebih banyak melakukan sosialiasi dan penyuluhan Sadar Hukum Berdemokrasi baik dari pemilih pemula, hingga tokoh-tokoh adat dan tokoh publik akan kami hadirkan”, tutur Nasarudin.

“Kenapa begitu, yah karena panasnya Pemilu 2019 dibanding pemilihan bupati itu lebih panas Pemilihan Bupati, sampai ada PSU itu. Makanya dari sekarang kita harus memitigasi potensi kerawanan dan mampu memetakan potensi masalah yang mungkin nanti terjadi’, tambahnya.

Drs. Sefried Depondoiye Kepala Kesbangpol Kab. Jayapura

Kepala Kesbangpol bersama Sekretariat menyimak dengan saksama kemudian memberikan respon yang bahkan lebih dari apa yang dibutuhkan Bawaslu dalam pertemuan ini. Kesbangpol bahkan siap mengikuti program-program Bawaslu yang perlu melibatkan kesbangpol, salah satunya Bawaslu On Air Sadar Hukum Berdemokrasi. Sehingga Sefried Depondoiye meminta Bawaslu untuk membuat jadwal dan memberikannya kepada Kesbangpol untuk diketahui.

Dra. Delila Giay, M.Si Sekretaris Kesbangpol Kab. Jayapura

Kendati demikian, Dra. Delila Giay, M.Si pun menyampaikan bahwa dirinya selalu menyisihkan lembaga Bawaslu dalam setiap penganggaran, melalui proses penyampaian permohonan anggaran Bawaslu kepada Pemda Kabupaten Jayapura.

“Saya ingat pada Pemilu dan Pilbup ketika Bawaslu memasukkan dukungan dana terhadap kegiatannya, saya selalu menyisihkan Bawaslu untuk biaya operasionalnya sekalipun anggaran mereka dari pusat ada”, ucap Sekretaris Kesbangpol.

Di akhir pembahasan, Delila berterus terang bahwa Bupati Kabupaten Jayapura sendiri telah meminta Kesbangpol untuk melakukan pertemuan dan menghadirkan partai politik, Bawaslu, KPU dan Bupati sebagai pimpinan tertinggi partai politik di Kabupaten Jayapura. Hal ini sesuai dengan saran Bawaslu kepada KPU terhadap kehadiran partai politik yang minim pada setiap pleno pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang kemudian ditindaklanjuti oleh KPU ke Kesbangpol. (MKH)