Pengawasn

Bawaslu Minta KPU Koordinasi Dengan Kesbangpol.

Sentani, 04/12/2020 : Pleno Daftar Pemilih Berkelanjutan bulan November dilaksanakan secara daring oleh KPU hari ini, Jumat (04/12). Dihadiri oleh BAWASLU, DUKCAPIL, KESBANGPOL dan perwakilan Partai Perindo, pleno dimulai pukul 09:58 WIT.

Pada sesi tanggapan peserta yang dibuka oleh Ketua KPU Daniel Mebri, Bawaslu menggunakan kesempatan tersebut dengan menyampaikan beberapa hal penting salah satunya adalah memohon KPU agar berkooordinasi dengan Kesbangpol untuk membuat rapat yang menghadirkan seluruh elemen yang berkaitan dengan proses pemutakhiran ini.

“Kami mohon bantuan Kesbangpol terkait dengan ketidakhadiran Partai Politik pada setiap pleno mengingat Partai Politik sebagai pengguna data,” ujar Seprianti Koordinator Divisi (Koordiv) PHL.

Senada sekaligus menegaskan maksud dan tujuan Koordiv. PHL tersebut, Nasarudin Sili Luli selaku Koordinator Divisi HPP meminta KPU untuk memperhatikan surat-surat KPU ke partai politik sebagai bentuk pertanggungjawaban administrasi sehingga jelas bahwa KPU selalu mengundang partai politik pada setiap pleno.

Menjawab seluruh saran dan masukan dari peserta rapat, Daniel Mebri memberikan jawaban bahwa akan akan KPU tindak lanjuti terlebih khusus KPU setelah ini akan melakukan koordinasi dengan Kesbangpol dan Dukcpail terkait dengan saran dari Bawaslu.

Pleno akhirnya disahkan dan ditutup oleh Ketua KPU Daniel Mebri pukul 10:59 WIT dengan total Potensi Pemilih Baru berjumlah 51, Pemilih TMS 37, sehingga total Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan November adalah 126819 data. (MH/Baswaslu Kab Jayapura)