BAWASLU

Bawaslu Kabupaten Jayapura bersihkan APK pemilu

Jayapura (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua melibatkan panitia pengawas distrik, satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) dan aparat kepolisian setempat untuk membersihkan alat peraga kampanye pemilu yang dimulai dari masing-masing distrik dan berakhir di ibu kota kabupaten tersebut

“Terkait dengan pembersihan APK pemilu itu sudah dilakukan sejak Sabtu (13/4) kemarin, di mulai dari distrik-distrik,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zakharias Rumbewas ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Minggu.

Menurut Zakharias, pembersihan ini melibatkan beberapa panitia pengawas (Panwas) distrik untuk membersihkan APK pemilu, seperti di Distrik Waibu, Depapre, Yokari sampai di Distrik Demta serta distrik lainnya di Kabupaten Jayapura.

“Kemarin siang itu mereka sudah tertipkan APK pemilu. APK pemilu yang sudah ditertibkan berupa baliho-baliho dan stiker-stiker,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, pada Minggu, hari ini pembersihan kembali dilakukan di sekitar wilayah Sentani, ibu Kota Kabupaten Jayapura, itupun difokuskan pada APK berupa baliho yang dipasang di papan-papan reklame.

“Kami tidak punya alat untuk menurunkan itu sehingga kami koordinasikan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kabupaten setempat dan pihak kepolisian maka sore ini akan diturunkan,” katanya.

Dia menjelaskan, pembersihan APK pemilu di Kabupaten Jayapura berjalan aman dan lancar karena peserta pemilu dari masing-masing partai politik mempunyai pengertian yang sangat besar.

“Kami berterima kasih kepada peserta pemilu yaitu masing-masing parpol yang punya pengertian yang sangat besar dan mendukung kami,” katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya sudah menyurati masing-masing partai politik (parpol) untuk menertibkan APK Pemilu, bahkan juga disampaikan melalui group whatsapp (WA) dengan parpol untuk meminta membersihkan APK. Itu sudah dilakukan sesuai dengan aturan.

Ia menambahkan, Bawaslu sudah meminta kepada masing-masing partai untuk membersihkan APK pemilu, jika tidak dibersihkan dan sudah masuk pada masa tenang maka Bawaslu yang langsung membersihkan.


Pewarta : Musa Abubar
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2019